Archive for December, 2009

.11 months

What? Another month to go before my little prince turns one? How time really flies…

Since there’s no pediatrician appointment for this month, I can’t exactly tell for sure his height but pretty sure that his weight is now 11kg. Bertambah 1kg since last month which is ok 🙂

Josh yang lucu udah makin pinter berdirinya. Tiap lihat tempat tinggi, pasti mau dia panjat, ga peduli tinggi rendah, keras maupun empuk. Pokoknya hajar aja hehe. Dia udah bisa rambatan juga di dalam playpen-nya. Bergeser sepanjang satu sisi playpen.

Merangkak pastinya lancar banget. Always smile while watching him crawling. Kecil, mungil, merangkak dengan cepat. Just like a little puppy *woof woof*

Pelan-pelan udah mulai dititah and I think he quite enjoys it. Walaupun cuma berhasil 4-5 langkah trus abis itu dia berontak untuk merangkak, tapi dia udah bisa dititah untuk naik tangga 😛

And he can do these things:

Clapping hands. Lucu banget gayanya. Kadang suka terlalu heboh sendiri sampai tangannya nyasar ke muka hihi.

Pai pai. Don’t know how to write this. Itu loh, cara orang Chinese berdoa dan memberi hormat. Satu tangan dikepal, lalu tangan satunya menutupi, trus digoyang-goyang. Baru diajarin 2 hari dan dia langsung bisa! Persiapan buat Chinese New Year nih hehe.

Dadagh. Tangannya diputar-putar kayak miss universe lagi nari Bali. Geli banget kalau ngeliat dia lagi bye-bye gitu.

Kiss bye. Cuma bisa kasih bunyi-bunyian pakai mulut aja. Itu pun kalau dia mood. Kalau lagi ga mood, ya dibalas dengan bye-bye 😀

Kipas-kipas. Nah loh, aneh banget kan. Susternya macem-macem nih ngajarinnya hihi. Tau deh ni anak kok bisa kipas-kipas. Mulai dari kertas, tutup tempat makan sampai sendok, semua dipakai buat ngipas hihi.

Ngoceh-ngoceh. Dari yang jelas seperti mamam, papa, mama, boh *manggil boboh-nya* sampai yang ga jelas seperti nyanyanyanyanya. Bawelnya…

Tapiiiii Josh makannya lagi bandel nih. Makan buah mulai susah, padahal biasa kalau alpukat dan jeruk dia lumayan suka, tapi ini musti dipancing-pancing dulu. Makan nasi juga mulai bandel. Lamaaaa banget. Sampai yang nyuapin jadi ngantuk hehe. Maunya main mulu tapi mulutnya ga mau dibuka. Kenapa ya? Mungkin karena dia udah mengenal rasa kah? Gara-gara kita juga sih suka kasih dia icip-icip makanan dewasa hehe. Beda banget sama makanan dia yang anyep itu kali ya. Ah, sabar lah, tinggal sebulan lagi dia bisa makan garam. Pokoknya mamanya harus telaten nih kalau ngasih dia makan.

Untungnya minum susu malah suka tuh sekarang. Makan siang jam 11.30, ntar jam 13.30 dia udah minta susu lagi. Gue lihatnya aja eneg, soalnya porsi dia makan banyak juga tuh hehe.

Oya, giginya udah 8! Empat di atas, empat di bawah. Kalau ketawa makin lucu deh. Giginya gede-gede soalnya 😛

Trus Josh juga kalau bobo udah teratur banget jadwalnya. Pagi sekitar jam 9 dia bobo 1-1.5 jam. Siang sekitar jam 2 dia bisa bobo sampai 2 jam! Hooray, time for facebook 😀 Malam sekitar jam 7.30 bobo lagi dan bangun jam 6 pagi *hoahmm* Sayangnya, Josh masih suka bangun tengah malam untuk minum susu nih. Tetap gue latih sih, moga-moga next year udah bisa tidur nyenyak sampai pagi ya, sayang.

*oh baby, i’m so damn proud of you

Advertisements

December 28, 2009 at 7:24 am Leave a comment

.10 months

Josh udah 10 bulan loh! That little prick hihi.

Flashback sedikit: Akhirnya dia gue bawa terapi juga hiks. Abisnya 2 minggu masih belum bisa duduk sih padahal dokternya bilang kalau bisa 10 bulan udah bisa. Jadi daripada hanya menunggu secara alami *mengutip mertua gue*, lebih baik gue bawa terapi aja supaya tau salahnya dimana. Mungkin kata ‘terapi’ itu yang bikin orang mikir yang aneh-aneh ya. Jadi kalau ada yang tanya, gue prefer jawab olahraga biar ga mengundang banyak pertanyaan lagi 🙂

Hari pertama terapi: heboh. Josh nangis dan jerit sana sini hihi. Kasian sih ngeliatnya tapi kan ini buat dia juga ya. Latihannya lumayan seru sih *at least menurut gue, dan bukan menurut Josh hehe*. Jadi kalau dia majunya merayap, sama terapisnya kakinya diangkat dan dibentuk seperti merangkak. Satu dua kali langsung jatuh sih, tapi dicoba gitu terus.

Selain itu ada juga latihan bangun dari posisi telentang. Awalnya dibantu dengan ditarik pakai tangan, tapi lama-lama dia bisa bangun sendiri dengan pinggang ditahan sama tangan kita. Bahkan setelah beberapa kali latihan, tiba-tiba dia bisa bangun dari posisi telentang ke duduk tanpa dibantu.

Josh paling benci olahraga sama bola besar. Jadi Josh ditelentangin di atas bola trus disuruh bangun dengan cara yang sama seperti di atas, tapi mungkin karena di atas bola jadi agak nakutin ya, maka menjerit-jerit lah dia dengan hebohnya 😀

Lalu… hanya dengan 3 kali latihan, tepat 1 hari sebelum dia 10 bulan, Josh bisa merangkak dan duduk! Wah, happy banget gue hehe. Soalnya sempet khawatir kalau udah latihan tapi ni anak masih ga bisa juga gimana ya? Hehe. Setelah itu merangkaknya ngebut abis. Iseng pula dia, demennya main ke kolong *abis itu ga bisa keluar, pantatnya kejepit hihi* trus nguprekin tempat sampah dan ngejar keset!

Beberapa hari kemudian, dia bisa berdiri sendiri! Huhu terharu 🙂 Dari posisi telentang, dia merangkak trus berusaha manjat pagar crib-nya, dan tadaaaaa…. Hebatnya hehe. Setelah itu… mulai deh semua tempat langsung dipanjatin huf huf. Gempor juga jagainnya ya, but I’m happy. So damn happy hehe.

Plus ni anak makin lucu aja. Dia udah bisa dadagh dengan tangan diputer-puter kayak lagi nari dan tepuk tangan *benernya udah bisa dari 9 bulan sih, tapi sekarang makin lancar*. Udah bisa ngomong mama, papa, apa, mamam dan bo. Bisa joget-joget kalau denger lagu hihi. Yang pasti kalau ngajak dia ke mall sekarang sih enak deh, karena udah ga rewel dan bisa enjoy di mall.

Untuk makanan sih masih sama. Paling sekarang gue suka kasih dia brokoli dan untungnya ga ada keluhan apa-apa. Untuk sarapan kadang-kadang gue kasih misoa, dan dia lumayan suka. Mungkin karena asin kali ya hehe. Gue juga selalu sedia Healthy Times Cereal Mixed Grain kalau pas telat bangun untuk nyiapin sarapan hihi.

*muach, baby boy, mama loves you so much!

December 10, 2009 at 7:36 am 2 comments

.9 months

Sembilan bulan, berlalu begitu cepat ya? Kayaknya waktu di dalam kandungan, menanti bulan ke-9 ini bener-bener lamaaaa banget 😉

As usual, jadwal kontrol ke dokter lagi: imunisasi terakhir di tahun ini. Selanjutnya adalah imunisasi ulangan setelah Josh 1 tahun.

BB: 9,6kg
TB: 76cm

Dokternya khawatir nih karena Josh masih belum menunjukkan tanda-tanda akan bisa duduk sendiri. Pas dicek, katanya sih kakinya masih kurang kuat untuk posisi merangkak itu. Jadi disuruh terus dilatih dan dianjurkan untuk ke terapis kalau 2 minggu lagi masih belum ada perkembangan.

Glek.

Miris juga gue denger terapis. Kesannya kok anak gue kenapa-napa gitu. Tapi setelah dijelaskan, ya kayaknya sih bisa dicoba deh. Terapis ini hampir mirip sama Gymboree, Tumble Tots dll, cuma bedanya lebih terarah aja karena ga ramai-ramai dan ga cuma main-main doang. Ya, setelah diskusi sama Anton kita pikir ga ada salahnya. At least kita tau Josh musti dilatih seperti apa.

Untuk makanan gue masih kasih bubur saring, tapi karena belakangan Josh kayaknya mulai ga suka yang terlalu encer dan halus, jadi buburnya gue buat agak lebih kental. Trus sebagian gue saring, sebagian lagi enggak.

Mulai coba kasih ikan lagi, tapi kali ini kasih kakap merah dengan potongan yang super kecil. Ternyata dia gapapa tuh walau gue sempat deg-degan juga tentunya. Malah kalau gue perhatiin, dia kalau dikasih ikan lumayan lahap, padahal gue sih nyiumnya amis banget 😀 Trus ada tambahan lauk baru: ati ayam kampung, tapi seminggu sekali aja sih.

Yang bikin bingung, ni anak kok tiba-tiba ga suka buah ya?? Why oh why. Aneh banget loh. Padahal dulu dia lahap banget makan buah. Lidahnya bisa melet-melet gitu 😛 Tapi sekarang dia cuma mau jeruk doang. Mungkin alpukat dia masih suka tapi lagi susah banget nih cari alpukat bagus. Akhirnya tiap makan buah musti perang dulu deh. Mulai dari kasih mainan sampai bohongin dia dengan biskuit.

Caranya: biskuit dipotel kecil-kecil, dipegang di tangan kiri sementara tangan kanan siap dengan sendok yang udah ada buahnya. Biskuit disuapin ke mulutnya, tapi begitu dia mangap, buahnya dimasukin hihi. Tapi ya dasar bukan baby lagi, lama-lama dia ngerti juga kalau dikerjain hehe.

*baby, cepat bisa duduk sendiri ya!

December 10, 2009 at 7:12 am Leave a comment

.MPASI 8 bulan

Mulai 8 bulan ini, jadwal bangun-mandi-makan-tidur Josh makin teratur. Jadi biarpun terkantuk-kantuk nyiapin makanan jam 5.30 pagi, gue juga tau kapan dia tidur lagi dan artinya gue juga bisa nyuri-nyuri tidur hehe.

PAGI bubur susu atau oatmeal (masih tetep sama kayak bulan lalu)
SNACK buah
SIANG bubur saring pakai lauk pauk
SORE bubur saring pakai lauk pauk (2 minggu selanjutnya)

Untuk bubur susu, kali ini nyobain tepung pisang dan beras merah, masih produksi Gasol. Josh lumayan suka sih. Pokoknya lebih suka daripada kacang hijau deh hehe. Apalagi kalau yang pisang kan agak wangi tuh.

Untuk buah, gue coba kasih yoghurt (mesem-mesem gitu kalau makan tapi karena gue campur pisang jadi tetap dia lahap hehe). Yoghurtnya merk Yoplait Baby rasa pisang (lumayan enak – menurut gue hehe) dan vanilla (ga berasa). Cuma kalau gue sih tetap prefer Elle & Vire dong hehe. Selain itu Josh juga nyobain peach, dan dia suka. Wah, berkurang deh jatah gue. High maintenance banget tu anak. Bayangin sebiji peach ukuran sedang aja harganya bisa hampir Rp 30.000! Hiks…

Lauknya gue nyobain ikan salmon, tapi ya itu, hasilnya ni anak muntah-muntah ga keruan. Ga tau emang dia alergi atau salmonnya kebanyakan. Sejak itu salmon gue hilangkan dari daftar menu hehe.

Selain itu gue juga mulai kasih bayam ke dia. Sebelumnya ga berani kasih soalnya gue pernah baca katanya bayam itu baru boleh dikasih setelah 9 bulan karena kandungan zat besinya yang tinggi. Tapi karena gue mulai keabisan ide mau kasih sayur apa, jadi ya gue kasih aja deh 😀 Toh bayamnya cuma 2-3 helai daun doang, dipotong kecil-kecil.

*so far sih ga ada yang namanya GTM…

December 10, 2009 at 1:24 am Leave a comment


Categories

December 2009
M T W T F S S
« Oct   Jan »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Blog Stats

  • 17,908 hits