.jadwal MPASI 6 bulan++

September 6, 2009 at 9:23 pm Leave a comment

Kenapa 6 bulan++? Karena sampai seminggu setelah 6 bulan, Josh belum mulai bubur saring. Jadi waktu 6 bulan itu kan gue ngasihnya ga rutin, kadang sehari 2x, kadang 3x. Nah waktu terakhir ke dokter (Josh udah ampir 7 bulan), dikasih tau bahwa untuk memulai bubur saring, lebih baik sebelumnya anak dibiasakan dulu untuk makan bubur susu 2x sehari. Misalnya dengan jadwal: PAGI bubur susu SNACK buah SIANG bubur susu SORE biskuit.

Jadi waktu awal bulan ke-7 Josh masih makan dengan jadwal di atas. Bulan ke-7 minggu ke-2 baru deh dia mulai makan bubur saring.

Untuk bubur susu (gue pakai Gasol), Josh ga terlalu suka hihi. Emang dasar tu anak ga suka susu kali ya. Paling ga suka bubur susu kacang hijau. Makannya lamaaa banget, trus buatnya musti agak encer. Tapi emang baunya ga enak sih hehe. Kalau bubur beras coklat dia lumayan ok. Oatmeal juga dia lumayan suka. Yang pasti sih Josh suka sekali buah. Bagus lah, biar sehat.

Ini nih menu MPASI 6 bulan++ Josh (dimulai dari tanggal 23 Juli, selesai tanggal 1 September) 🙂

1. PAGI pisang 1/2 SORE biskuit milna 1/3
2. PAGI pisang 1/2 SORE biskuit milna 1/3
3. PAGI biskuit milna 1/3 SIANG pisang 1/2
4. PAGI bubur susu beras merah
5. PAGI bubur susu beras merah SIANG jeruk baby
6. PAGI bubur kacang hijau SIANG jeruk baby SORE biskuit milna 1/2
7. PAGI bubur kacang hijau SIANG jeruk baby SORE biskuit milna 1/2
8. PAGI bubur kacang hijau SORE biskuit milna 1/2 + pisang
9. PAGI bubur beras merah SIANG pepaya SORE biskuit milna 1
10. PAGI bubur beras coklat SORE biskuit milna 1 + pepaya
11. PAGI bubur beras coklat SORE biskuit milna 1 + pisang
12. PAGI bubur beras merah SIANG jeruk baby SORE biskuit milna 1 + pisang
13. PAGI bubur beras coklat SORE biskuit milna 1 + pepaya
14. PAGI bubur beras coklat + wortel SORE biskuit milna 1 + pepaya & jeruk baby
15. PAGI bubur beras coklat +wortel SORE biskuit milna 1 + pisang & jeruk baby
16. PAGI bubur beras coklat + kacang merah SORE biskuit milna 1
17. PAGI bubur kacang hijau SIANG pepaya SORE biskuit milna 1
18. PAGI bubur beras merah SORE biskuit milna 1
19. PAGI bubur beras coklat + apel SIANG biskuit milna 1
20. PAGI bubur beras coklat + apel SORE biskuit milna 1
21. PAGI bubur kacang hijau SORE pepaya + biskuit milna 1
22. PAGI bubur beras coklat + 1/2 kuning telur SORE biskuit milna 1 + pepaya & jeruk baby
23. PAGI bubur kacang hijau SIANG pepaya SORE biskuit milna 1
24. PAGI bubur beras merah SORE pisang
25. PAGI bubur kacang hijau SIANG pisang SORE biskuit milna 1
26. PAGI bubur beras merah SIANG pepaya SORE biskuit milna 1
27. PAGI bubur beras coklat + wortel SORE biskuit milna + pisang & jeruk baby
28. PAGI bubur kacang hijau SIANG alpukat SORE biskuit milna 1.5
29. PAGI bubur beras coklat + wortel SIANG pepaya & jeruk baby SORE biskuit milna 1.5
30. PAGI bubur oatmeal SIANG pepaya SORE biskuit milna 1.5
31. PAGI bubur beras coklat + kacang merah SIANG pepaya
32. PAGI oatmeal SIANG pisang SORE biskuit milna 1.5
33. PAGI bubur beras merah + kacang merah SIANG puree pir SORE biskuit milna 1.5
34. PAGI bubur beras merah + wortel SIANG pisang SORE biskuit milna 1.5
35. PAGI bubur beras merah SNACK pisang SIANG bubur kacang hijau SORE biskuit milna 2
36. PAGI bubur beras merah SNACK pepaya & jeruk baby SIANG oatmeal SORE biskuit milna 2
37. PAGI oatmeal SNACK alpukat SIANG bubur kacang hijau SORE biskuit milna 2
38. PAGI bubur beras coklat + wortel SNACK alpukat SIANG biskuit milna 2 SORE bubur kacang hijau
39. PAGI oatmeal SNACK pepaya & jeruk baby SIANG biskuit milna 1 SORE bubur kacang hijau
40. PAGI oatmeal SNACK pisang & jeruk baby SIANG bubur beras coklat + kabocha SORE biskuit milna 2
41. PAGI bubur kacang hijau SNACK pepaya SIANG bubur beras coklat + kabocha SORE biskuit milna 2

Tips:
1. Kalau ngerok pisang jangan sampai kelihatan bagian dalamnya yang warna hitam. Bagian itu yang (katanya) bisa bikin susah BAB. Jadi biasanya, bagian tengah masuk ke perut mamanya 😀 Jangan lupa pisang diguyur air dulu sebelum dikupas kulitnya.

2. Menurut suster gue yang udah uzur (hehe) biskuit Milna itu lebih ga manis dibanding Farley. Jadi gue batal beli Farley, padalah gue udah niat mau nyomotin Farley-nya Josh because it was one of my favorite snacks when I was a baby! Trus Milna itu lebih mungil dari Farley jadi porsinya lebih kecil.

3. Takaran memasak Gasol yang pas buat gue (dan Josh): 2.5-3 sendok susu kecil, dicampur dengan air matang 40ml. Setelah rata, masak di atas api sedang sampai mengental. Angkat. Dinginkan sebentar. Campur dengan susu hangat 30ml. Tapi campur dikit-dikit sampai tingkat keenceran yang diiinginkan.

Somehow kalau bikin bubur kacang hijau, jadinya pasti grenjel-grenjel walaupun udah diaduk rata. Jadi biasanya untuk bubur ini, gue tambahin airnya jadi 50ml. Tepung pisang juga agak kental, jadi gue kasih air 50-60ml.

4. Adonan biskuit Milna yang pas: biskuit Milna 2 + susu/air panas 60ml. Supaya biskuit cepat larut, sebelum dicampur air panas, biskuit dipotel-potel dulu sampai kecil.

5. Penyajian pepaya: dicuci, dibuang biji dan lapisan putih di dalamnya. Kupas kulitnya agak tebal biar ga pahit. Parut melingkar pakai parutan baby yang suka ada di feeding set.

6. Penyajian alpukat: Cuci, buang bijinya. Kerok sedikit bagian yang terkena biji dan dibuang. Kerok seperti mengerok pisang tapi jangan sampai terlalu dekat dengan kulit. Biasa gue suka campur 30ml susu.

7. Tanda ‘+’ berarti makanan dicampur. Tanda ‘&’ berarti makanan dipisah.

8. Kata dokter gue, kalau buah sebaiknya ga usah dicampur dengan bubur susu atau biskuit.

9. Penyajian wortel, kabocha, pir, apel, kacang merah: Cuci, kupas kulitnya, potong kecil-kecil, kukus sampai empuk, parut melingkar trus dipenyet-penyet di atas saringan. Khusus kacang merah, tentu aja ga usah diparut tapi langsung dipenyet-penyet.

10. Josh konstipasi makan apel! Jadi gue ga kasih apel lagi untuk sementara.

11. Kuning telur ternyata baru boleh dikonsumsi di atas 9 bulan hehe. Jadi lah Josh agak-agak keluar bisul dikit huhu. Untung mertua punya obat ampuh, dan dalam sehari tu bisul udah hilang. Maafkan mama, ya, Josh. Yang nyuruh Bobo tuh hehe.

12. Penyajian oatmeal: Gue pakai Quaker biru yang NON-INSTANT. Oatmeal diblender dulu sampai halus. Ambil 3 sendok susu kecil, aduk dengan air matang (jangan panas) 50ml. Masak sampai kental, saring. Campur dengan susu 30ml.

13. Kalau gue sebisa mungkin ga pakai blender, biar merangsan rahang anak. Ini juga dianjurkan sama dokter gue. Jadi biarpun lebih repot, gue pakai saringan aja.

*huf… sekarang saatnya mikirin menu untuk bubur saring

Advertisements

Entry filed under: Family & Friends, Joshua, MPASI. Tags: , , , .

.7 months .Chloe and Christian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

September 2009
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Blog Stats

  • 17,655 hits

%d bloggers like this: