.the baptism

August 22, 2009 at 8:14 pm Leave a comment

One of the most important days in Josh’s life happened yesterday, 22 August 2009: The Baptism.

Persiapannya ga terlalu rumit. Cukup ambil formulir di gereja paroki lalu diisi. Seminggu yang lalu orang tua disuruh berkumpul untuk rekoleksi. Gue pikir ngapain, ternyata semacam briefing doang sih. Awalnya kita dijelaskan baptis tuh untuk apa, ya teoritis gitu lah šŸ˜€ Terus kenapa kita pilh nama baptis itu untuk anak kita, dan terakhir apa-apa yang harus disiapkan di hari H nanti.

Pas membahas tentang arti nama baptis sempat bingung juga sih, soalnya kan kita memutuskan tetap memakai Joshua sebagai nama baptis supaya namanya ga kepanjangan hehe. Untung pas pastornya nanya *duh, serasa sekolah* kita ga kena hihi. Benarnya, Joshua itu saint bukan ya?

Sampai rumah langsung deh buka wikipedia. Ah, aman… ternyata ada tuh Saint Joshua *asal banget ya*. Buka aja kalau ga percaya. Seenggaknya kalau tu pastor nanya lagi, kita udah punya jawabannya šŸ˜›

Nah, tibalah hari yang dinanti-nantikan. Kalau pun bukan yang dinantikan oleh Josh (karena dia juga ga ngerti apa yang akan terjadi), at least yang dinantikan oleh gue (karena gue udah beli baju baru khusus buat acara ini hehe).

Seperti biasa, acara dandan Josh tuh jauuuh lebih lama daripada ritual dandan gue. Jadi lah jam 3 lebih kita baru berangkat padahal acaranya mulai jam 3.30. Sepanjang jalan gue udah berdoa aja semoga ga macet, dan emang Tuhan tuh sayang sama kita, jalanan lancar tuh šŸ™‚ Hari itu Josh pakai kemeja putih dan celana panjang putih. Duh, kelihatan udah besar banget nih my baby.

Walah, gerejanya ramai. Maklum isinya anak-anak kecil semua beserta pasukan pendampingnya. Josh sendiri membawa mama-papanya *of course*, suster, bobo, wali baptis *which were Lia & Wen*, asuk *eh, bener ga sih nulisnya?*, oma, opa dan Ii Cia.

Acara mulai jam 3.30 pas. Jangan ditanya khidmat apa engga, karena tentu aja engga. Lah wong isinya cuma orang tua yang berusaha menenangkan anak-anaknya karena suhu udara yang agak panas. Heran juga sih kok tu gereja bisa panas padahal kalau misa biasa yang umatnya penuh sampai ke belakang tetap dingin. Apa anak-anak kecil itu menyerapa lebih banyak udara dingin daripada kita-kita yang udah uzur ini ya?

Josh was doing great. Dia ga rewel. Tapi… ga bisa diam. Doh. Maunya lonjak-lonjak terus, kalau ga kakinya digesek-gesek. Akibatnya, baru tengah-tengah misa sepatunya udah copot 3 kali. Akhirnya gue copot juga dah itu sepatu. Untung kaos kakinya putih, jadi ga terlalu keliatan hehe.

Sepanjang upacara kita 4 kali maju ke depan.

Pertama, untuk dikasih tanda salib sama pastornya. Pas maju, kaos kaki Josh yang sebelah copot hihi. Bandel banget ni anak. Bajunya juga udah berantakan. Kemejanya udah lecek abis dan udah keluar dari celananya.

Kedua, untuk diguyur air. Josh nangis tuh hihi. Mungkin karena ditelentangin dengan paksa ya. Tapi begitu diguyur air, langsung deh diam. Terus pastornya dia sembur: bbbbrrrrrrrtttt šŸ˜€

Ketiga, untuk diminyaki. Kali ini Josh udah damai sama pastor jadi dia cuma diam aja pas kepalanya dipijat-pijat dikit buat dikasih minyak. Mungkin ni anak gedenya suka creambath kali ya? Hehe.

Keempat, foto bersama pastor. Nah, disini Josh mulai bete soalnya ramai banget. Gara-garanya tu orang-orang pada ga dengerin kali ya pas awal acara MC-nya bilang bahwa majunya tuh satu-satu kayak orang komuni. Tenang aja, semua pasti kebagian. Eh, adaaa aja orang yang duduk di belakang tau-tau melesat ke depan. Bagusnya Josh ga nangis, tapi dia dengan semangat menyembur-nyembur: bbbbrrrrrrrtttt. Pas digendong pastor, Josh juga ga nangis. Malah pastornya dia ilerin hihi. Hadiah, dari Josh tuh.

Udah deh kelar. Surat baptis bisa langsung diambil di depan, di sebelahnya ada kotak angpao buat stipendium pastor. Serasa transaksi jual beli surat baptis hehe. Abis itu kita foto-foto bentar di depan patung St. Kim Tae Gon dan di Goa Maria.

*you’re officially a Catholic now, baby!

Advertisements

Entry filed under: Family & Friends, Joshua. Tags: , .

.here we go again .7 months

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

August 2009
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Blog Stats

  • 17,321 hits

%d bloggers like this: